Tips Sebelum Sewa Mobil

Pada saat liburan adalah saat yang tepat untuk berlibur ke luar negeri atau luar kota. Jika agenda selama liburan akan lebih banyak berjalan-jalan ke tempat yang jauh seharian, maka ada baiknya Anda sewa mobil ketimbang harus turun naik bus, kereta atau taksi. Terutama jika Anda berlibur bersama keluarga besar, atau jumlah teman yang cukup banyak.

Menyewa mobil dari perusahaan rental memang cara yang mudah dan praktis. Namun sebelum memutuskan untuk menyewa mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak merasa dirugikan. Berikut adalah delapan tips cerdas sebelum menyewa mobil, seperti dilansir All Women Stalk.

1. Membandingkan Opsi yang Ditawarkan
Cari informasi tentang beberapa perusahaan yang menawarkan jasa rental mobil dan bandingkan pilihan-pilihan yang disediakan masing-masing perusahaan. Selain dengan browsing internet, Anda dapat meminta bantuan dari biro perjalanan yang biasanya memiliki harga khusus dari perusahaan penyewaan mobil.

2. Harga Sewa
Setiap perusahaan penyewaan mobil menawarkan harga yang bervariasi tergantung model kendaraan, pajak, dan bahan bakar. Untuk itu, bandingkanlah harga yang ditawarkan masing-masing perusahaan sesuai dengan bujet dan kebutuhan Anda.

3. Dokumen Lengkap
Untuk mencegah penipuan, pastikan mobil dan sopir yang ditawarkan oleh perusahaan penyewaan mobil memiliki surat resmi dan lengkap. Anda tidak mau menjadi pihak yang dirugikan karena menyewa mobil hasil curian, bukan?

4. Teliti Saat Mengambil Mobil Sewaan
Saat mengambil mobil sewaan, pastikan Anda membawa rincian konfirmasi pembayaran. Selain itu, bacalah surat persetujuan dengan teliti agar Anda tahu betul biaya dan kewajiban apa saja yang harus dibayar.

5. Pengembalian Mobil
Kebanyakan perusahaan rental mobil memiliki batas waktu 24 jam untuk pengembalian mobil dengan toleransi waktu lewat satu jam lalu. Selebihnya, dikenakan denda. Jika Anda melebihi batas waktu cukup lama, maka pertimbangkanlah untuk menambah waktu sewa mobil menjadi satu hari lagi ketimbang harus membayar denda keterlambatan pengembalian mobil yang biasanya cukup mahal.

6. Asuransi
Mobil sewaan umumnya dilindungi oleh asuransi. Sebelum membayar sebuah mobil sewaan, cari tahu terlebih dahulu seberapa besar tanggung jawab asuransi yang melindungi mobil tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka Anda tahu seberapa besar tanggung jawab yang menjadi kewajiban.

7. Cara Pembayaran
Saat sedang melakukan transaksi dengan perusahaan rental mobil, bacalah pilihan pembayaran yang ditawarkan. Pilihan pembayaran yang ditawarkan umumnya dengan kartu kredit, tunai, atau voucher dan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

8. Keamanan
Untuk menghindari segala bentuk kerugian, perhatikanlah kesehatan dan keamanan Anda selama menyetir mobil sewaan. Pastikan Anda tidak menyetir mobil di bawah pengaruh alkohol, menggunakan sabuk pengaman, dan siapkanlah peta jika tidak terdapat GPS dalam mobil sewaan.

Peluang Bisnis rental mobil 2015

Salah satu usaha yang menawarkan jasa adalah usaha jasa penyewaan mobil atau yang lebih dikenal dengan rental mobil. Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan pentingnya usaha rental mobil.

Usaha rental mobil biasanya menetapkan biaya sewanya secara harian. Bisa per 6 jam, 8 jam 12 jam, atau hingga 24 jam dengan biaya yang berbeda – beda. Penyewa tidak bertanggung jawab terhadap perawatan mobil, namun biaya sewa yang dibayar belum termasuk biaya BBM dan biaya sopir. Jika menginginkan sopir, jasa rental mobil juga menyediakan jasa sopir dengan tambahan biaya lagi. Karena biasanya pengusaha rental mobil memiliki relasi dengan sopir – sopirfreelance yang siap sedia jika dibutuhkan.
Agar bisnis rental mobil Anda menghasilkan income yang maksimal dengan resiko yang kecil, berikut kami berikan beberapa tips sukses membuka usaha  jasa rental mobil :Namun selain memiliki keuntungan yang besar, bisnis ini juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Sering kali ada oknum yang tidak bertanggungjawab, sengaja membawa kabur mobil sewaan hingga dijual ke pihak lain. Belum lagi apabila terjadi kecelakaan, pihak pengusaha juga harus mengeluarkan budget untuk perbaikan. Bagi Anda yang berminat dengan peluang usaha ini, tidak perlu takut dengan resiko yang ada.

  1. Pilihlah tempat atau lokasi yang strategis
  2. Pahamilah selera konsumen, biasanya penyewa mobil lebih suka dengan mobil yang bermuatan banyak
  3. Pilihlah mobil yang biaya operasionalnya kecil, harga suku cadangnya relative murah dan biaya perawatannya rendah. Ini akan menghemat biaya operasional Anda
  4. Manfaatkan jasa asuransi untuk melindungi mobil Anda dari berbagai resiko
  5. Manajemen administrasi yang jelas dan lengkap, sehingga data diri para konsumen dapat dilihat dan dilacak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan
  6. Bekerjasama dengan bengkel atau montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil Anda. Agar memperoleh harga yang lebih murah
  7. Mengoptimalkan promosi melalui brosur, iklan baris, via online, dan pemasangan spanduk
  8. Jika memakai jasa sopir, pilihlah sopir yang baik ( tidak ugal – ugalan ) dan memiliki pengetahuan tentang jalan dan mesin. Selain mobil Anda akan lebih terawat, konsumen juga akan nyaman dan senang
  9. Jika bisnis Anda telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa mencari tambahan modal untuk menambah mobil atau sekedar mengajak teman Anda yang memiliki mobil untuk bekerjasama

10.  Carilah konsumen dari perusahaan atau instansi, agar bisa dijadikan sebagai pelanggan tetap yang selalu memakai jasa rental mobil Anda.

Selamat mencoba bisnis rental mobil ini, semoga beberapa tips diatas dapat membantu Anda yang sedang ingin membuka usaha rental mobil. Berbisnis jasa, bisnis sepanjang masa. Salam sukses selalu untuk usaha Anda